Rabu, 20 April 2016

Contoh Skripsi PERANCANGAN PROGRAM JASA PERBAIKAN KENDARAAN DAN PENJUALAN SUKU CADANG PADA BENGKEL FAJAR MOTOR ( oleh Rennior )

1. Abstrak
Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi sekarang ini sangat bermanfaat sekali bagi kita dalam mencari suatu informasi yang begitu cepat, tepat dan akurat dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam membantu menyelesaikan pekerjaan kita, dengan adanya sistem yang telah terkomputerisasi diharapkan dapat membantu semua pekerjaan yang sulit dilakukan menjadi mudah dikerjakan agar mendapatkan hasil yg lebih baik dari sebelumnya.
Bengkel Fajar Motor membutuhkan banyak sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggannya. Untuk itulah penulis mencoba membuat tugas akhir mengenai sistem penjualan suku cadang dan jasa perbaikan pada Bengkel Fajar Motor.
Pada saat ini, Bengkel Fajar Motor juga menyediakan penjualan suku cadang dan juga jasa service. Sistem yang ada pada Bengkel Fajar Motor saat ini sering mengalami kerusakan program (program errors), mulai dari pencatatan customer yang melakukan service, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan hingga pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan.
Dengan menggunakan program yang terkomputerisasi sebagai alat bantu dalam pengolahan data dapat mempermudah pengolahan data transaksi dengan cara yang lebih mudah dan efisien dan penyimpanan data dapat menghemat tempat, memudahkan dalam pencarian data pada saat perbaikan dan rekap data.
Kata kunci: Perancangan program, Penjualan Suku Cadang dan Jasa Perbaikan Kendaraan.

2. Tujuan Penelitian
Adapun maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah:
1. Menerapkan pengetahuan yang telah penulis peroleh selama mengikuti pendidikan di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) yang diwujudkan dalam Tugas Akhir.
2. Mengembangkan opini penulis untuk selalu optimis dan percaya diri dengan kemampuan sendiri.
3. Dengan adanya program aplikasi ini dapat membantu bengkel Fajar Motor dalam transaksi perbaikan kendaraan dan penjualan suku cadang serta dalam pembuatan laporan yang lebih aktual.
Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai salah satu syarat kelulusan pada Program Diploma Tiga (D.III) untuk program studi Komputerisasi Akuntansi di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI BEKASI).

3. Manfaat Penelitian
Program aplikasi yang mudah digunakan akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi tersebut dapat meminimalisasikan kesalahan yang dilakukan oleh para user pada saat menjalankan program yang pada akhirnya diharapkan akan berfungsi secara maksimal.

4. Teori Yang Digunakan
 Menurut Sunyoto (2007:1) “Visual Basic adalah program untuk membuat aplikasi berbasis Microsoft windows secara cepat dan mudah”. Visual Basic menyediakan tool untuk membuat aplikasi yang sederhana sampai aplikasi kompleks atau rumit baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan perusahaan/instansi dengan sistem yang lebih besar.
“Visual” dalam hal ini merupakan bahasa pemrograman yang menyerahkan berbagai macam desain dengan model GUI (Graphical User Interface). Hanya dengan mengetikan sedikit kode program anda sudah dapat menikmati program dengan tampilan yang menarik.
“Basic” menunjukan bahasa pemrograman BASIC (Biginner All-Purpose Symbolic Instruction Code). Visual Basic dikembangkan dari bahasa BASIC yang ditambah ratusan perintah tambahan, function, keyword, dan banyak berhubungan langsung dengan GUI (Graphical User Interface) Windows.
Visual Basic merupakan event-driven programming (Pemrograman Terkendali Kejadian) artinya program menunggu sampai adanya respon dari pemakai berupa event atau kejadian tertentu seperti tombol diklik, pilih menu dan lain-lain.
Dalam pengembangan aplikasi, visual basic menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang cenderung mudah dipelajari. Pada pemrograman
visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan user interface, kemudian mengatur property dari objek-objek yang akan digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian atau event.
Visual Basic berbasiskan prinsip Object Oriented Programming (OOP) dan dikembangkan dengan basis Visual yang berarti menggunakan sarana grafis untuk mengembangkannya. Visual Basic berorientasi pada objek-objek yang dipisah-pisah, sehingga disebut pemrograman Object Oriented Programming (OOP). Visual Basic juga bersifat modular programming karena kode-kode program letaknya tersebar di dalam modul-modul (objek-objek) yang terpisah-pisah.
Adapun elemen-elemen yang terdapat pada Microsoft Visual Basic 6.0 adalah sebagai berikut:
1. Toolbar
Tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.
2. Form
Suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi.
3. Toolbox
Kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau kontrol untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan dibuat.
4. Properties
Nilai atau karakteristik yang dimiliki sebuah objek Visual Basic yang dapat diubah oleh pengguna sesuai kebutuhan.
5. Project
Sekumpulan modul yang terdiri dari beberapa ikon.

5. Metode penelitian yang digunakan
1. Metode Pengamatan (Observasi)
Penulis mengamati secara langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan di bengkel Fajar Motor agar dapat mengetahui setiap proses yang dikerjakan oleh para pekerja.
2. Wawancara (Interview)
Secara langsung berinteraksi dan melakukan tanya jawab dengan pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan masalah yang diteliti.
3. Studi Pustaka (Library research)
Penulis mengumpulkan data dari buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.

6. Hasil Penelitian
 

7.Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya, penulis mencoba menarik kesimpulan mengenai perancangan program jasa perbaikan kendaraan dan penjualan suku cadang pada bengkel Fajar Motor dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 yaitu sebagai berikut:
1. Dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pengolahan data.
2. Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi pada sistem yang masih manual.
3. Data dapat disimpan dalam jumlah besar secara aman dan lebih terjamin dengan menggunakan password.
4. Terhindar dari kerangkapan data karena kode yang diinput memiliki karakteristik tersendiri.


Sumber: Diambil dari skripsi  Rennior dengan judul 'PERANCANGAN PROGRAM JASA PERBAIKAN KENDARAAN DAN PENJUALAN SUKU CADANG PADA
BENGKEL FAJAR MOTOR'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar